Sabtu, 20 Oktober 2012

tugas softskill : tentang organisasi

ORGANISASI

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis).

Ciri-Ciri Organisasi
Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah :
  • Adanya komponen (atasan dan bawahan).
  • Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).
  • Adanya tujuan.
  • Adanya sasaran.
  • Adanya keterikatan format dan tata tetib yang harus ditaati.
  • Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
Unsur-Unsur Organisasi
Adapun beberapa unsur organisasi :
  1. Manusia (Man).
  2. Kerjasama.
  3. Tujuan bersama.
  4. Peralatan (Equipment).
  5. Lingkungan.
  6. Kekayaan alam.
  7. Kerangka/konstruksi mental.
Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu :
  1. Manusia.
  2. Kerjasama.
  3. Tujuan bersama.
    Dari ketiga unsur tersebut saling terkait dan mempunyai satu kesatuan. Dari beberapa macam teori organisasi yang dikemukakan oleh para ahli tidak ada satu pun yang memiliki kebenaran mutlak. Dan antara teori organisasi satu dengan yang lain saling melengkapi.
Struktur, Tipe dan Bentuk Organisasi
  
          a. Struktur Organisasi
          Didefinisikan sebagai mekanisme-mekanisme formal organisasi diolah. Faktor-faktor yang menentukan perancangan struktur organisasi yaitu :
  • Strategi organisasi pencapaian tujuan.
  • Perbedaan teknologi yang digunakan untuk memproduksi output akan membedakan bentuk struktur organisasi.
  • Kemampuan dan cara berpikir para anggota serta kebutuhan mereka juga lingkungan sekitarnya perlu dipertimbangkan dalam penyusunan struktur perusahaan.
  • Besarnya organisasi dan satuan kerjanya mempengaruhi struktur organisasi.
Unsur-unsur struktur organisasi terdiri dari :
  1. Spesialisasi kegiatan.
  2. Koordinasi kegiatan.
  3. Standarisasi kegiatan.
  4. Sentralisasi dan desentralisasi pembuatan keputusan.
  5. Ukuran satuan kerja.
          b. Bentuk-Bentuk Organisasi
          Bagan organisasi memperlihatkan tentang sususan fungsi-fungsi dan departementasi yang menunjukkan hubungan kerja sama. Bagan ini menggambarkan lima aspek utama suatu struktur organisasi, yaitu :
  • Pembagian kerja.
  • Rantai perintah.
  • Tipe pekerjaan yang dilaksanakan.
  • Pengelompokan segmen-segmen pekerjaan.
  • Tingkatan manajemen.
          Adapun cara penggambaran bagan struktur organisasi menurut Hendry G. Hodges dapat digambarkan sebagai berikut :
  1. Bentuk Piramidal.
  2. Bentuk Vertikal.
  3. Bentuk Horisontal.
  4. Bentuk Melingkar.
Bentuk-bentuk organisasi dapat dibedakan atas :
  1. Organisasi Garis : Merupakan bentuk organisasi tertua dan paling sederhana, diciptakan oleh Hendry Fayol. Ciri-ciri bentuk organisasi ini yaitu organisasinya masih kecil, jumlah karyawan sedikit dan saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.
  2. Organisasi Garis dan Staf : Dianut oleh organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya banyak. Staf yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu tugasnya memberi nasihat dan saran dalam bidang kepada pejabat pimpinan di dalam organisasi.
  3. Organisai Fungsional : Organisasi yang disusun atas dasar yang harus dilaksanakan. Organisasi ini dipakai pada perusahaan yang pembagian tugasnya dapat dibedakan dengan jelas.
  4. Organisasi Panitia : Organisasi dibentuk hanya untuk sementara waktu saja, setelah tugas selesai maka selesailah organisasi tersebut.
 Skema Organisasi

          Skema atau bagian organisasi adalah suatu lukisan yang dimaksudkan untuk menggambarkan susunan organisasi baik mengenai fungsi, bidang, tingkatan mauoun rentang kendalinya.
Macam-macam skema organisasi :
          1. Berdasarkan teknik atau cara membuatnya :
                    a. Skema organisasi tegak lurus dari atas ke bawah.
                    b. Skema organisasi mendatar dari kiri kekanan.
                    c. Skema organisasi gabungan tegak lurus dan mendatar.
                    d. Skema organisasi lingkaran.
                    e. Skema organisasi gambar.
          2. Berdasarkan isi atau fungsi didalamnya :
             a. Skema Organisasi Fungsional 
               Menjelaskan tentang letak dari fungsi-fungsi tugas dalam hubungannya dengan fungsi-fungsi yang lain.
             b. Skema Organisasi Jabatan
              Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing.
             c. Skema Organisasi Nama
               Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan.
             d. Skema Organisasi Nama dan Jabatan
                   Menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu organisasi.
             e. Skema Organisasi Struktur
                    Menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut.
Sumber :
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
  2. http://3rest.wordpress.com/2011/10/17/ciri-ciri-dan-unsur-unsur-organisasi/
  3. http://irpantips4u.blogspot.com/2010/10/macam-macam-organisasi-struktur.html
  4. http://amamizu.wordpress.com/2010/10/21/skema-organisasi/