Minggu, 22 April 2012

Tugas IBD : materi 3 tentang manusia dan cinta kasih


MANUSIA DAN CINTA KASIH

Manusia sebagai makhluk yang sempurna dibandingkan makhluk hidup lainnya,memiliki perasaan yang sangat peka.Hal itu bisa dibuktikan dengan adanya rasa cinta dan kasih yang dimiliki manusia. Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan.Antara cinta dan kasih sangat erat hubungannya karena kasih memperkuat arti cinta.

Menurut Dr.Sarlito.W.Sarwono dikatakan bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu keterikatan,keintiman,dan kemesraan.
>Keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia,tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dia.
>Keintiman adalah adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anda dan dia sudah tidak ada jarak lagi.
>Kemesraan adalah adanya rasa ingin membelai atau dibelai,rasa kangen jika jauh atau lama tidak bertemu,adanya ungkapan-ungkapan yang mengungkapkan rasa sayang.

Cinta sangat berbeda dengan nafsu.Perbedaan cinta dengan nafsu adalah sebagai berikut:
1.Cinta bersifat manusiawi
2.Cinta bersifat rokhaniah sedangkan nafsu bersifat jasmaniah.
3.Cinta menunjukkan perilaku memberi, sedangkan nafsu cenderung menuntut.
Cinta dapat dirasakan oleh setiap individu kepada seseorang yang membuat dirinya jatuh cinta.Sebagaai manusia yang memiliki rasa cinta hendaknya kita mengetahui syarat untuk mewujudkan cinta kasih.
Cinta kepada sesama adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam Menurut Erich Fromm, ada empat syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:
1. Knowledge (pengenalan)
2. Responsibilty (tanggung jawab)
3. Care (perhatian)
4. Respect (saling menghormati)
Knowledge(pengenalan)adalah hal yang sangat penting dalam mewujudkan cinta kasih,karena kita dapat mengetahui apa saja yang seharusnya kita ketahui dari orang yang kita cintai.Sesudah adanya pengenalan dan kita merasakan cinta,lalu diperlukan responsibilty(tanggung jawab)akan perasaan tersebut misalnya dengan menjaga kesetiaan cinta kasih tersebut.Lalu setelah itu diperlukannya care(perhatian) dan respect (saling menghormati) untuk menunjang rasa cinta kasih tersebut.


Antara lain mereka membedakan cinta terhadap sesama manusia dan yang terkait dengannya menjadi:
1. Cinta terhadap keluarga
2. Cinta terhadap teman-teman, atau philia
3. Cinta yang romantis atau juga disebut asmara
4. Cinta yang hanya merupakan hawa nafsu atau cinta eros
5. Cinta sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
6. Cinta dirinya sendiri, yang disebut narsisme
7. Cinta akan sebuah konsep tertentu
8. Cinta akan negaranya atau patriotisme
9. Cinta akan bangsa atau nasionalisme

Cinta memiliki berbagai bentuk.Bentuk-bentuk cinta yang dirasakan oleh setiap manusia adalah sebagai berikut :
1.Cinta Persaudaraan, diwujudkan manusia dalam tingkah atau perbuatannya. Cinta persaudraan tidak mengenal adanya batas – batas manusia berdasarkan SARA.
2.Cinta Keibuan, kasih sayang yang bersumber pada cinta seorang ibu terhadap anaknya.
3.Cinta Erotis, kasih sayang yang bersumber dai cinta erotis (birahi) merupakan sesuatu yang sifatnya khusus sehingga memperdayakan cinta yang sesunguhnya. Namun, bila orang yang melakukan hubungan erotis tanpa disadari rasa cinta, di dalamnya sama sekali tidak mungkin timbul rasa kasih sayang.
4.Cinta Diri Sendiri, yaitu bersumber dai diri sendiri. CInta diri sendiri bernilai positif jika mengandung makna bahwa seseorang dapat mengurus dirinya dalam kebutuhan jasmani dan rohani.
5.Cinta Terhadap Tuhan,,yaitu cinta teradap Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan dunia dan segala isinya.

Kasih Sayang
Kasih sayang adalah suatu perasaan sayang,cinta atau suka kepada seseorang.Dalam kasih sayang diperlukan tanggung jawab,kejujuran,saling percaya,saling pengertian,saling terbuka satu sama lain.Kasih sayang merupakan pertumbuhan dari cinta.Dalam artian jika kita mencintai seseorang timbullah rasa kasih sayang dari dalam diri seseorang.

Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti perasaan simpati yang akrab.Kemesraan dapat berwujud dari kata kata maupun tingkah laku pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara.Kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam.

Pemujaan
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya menurut ajaran agamanya masing-masing. Pemujaan diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual.Misalnya dengan beribadah dan menjalankan segala ajaran agamanya masing-masing.


Belas kasihan
Belas kasihan adalah perasaan welas asih atau kepedulian yang muncul akibat penderitaan orang lain.Dalam cinta kepada sesame diberi istilah belas kasihan,karena cinta disini bukan dilihat dari fisik atau materi melainkan dari penderitaannya.Kita perlu mempunyai rasa belas kasihan untuk membantu orang orang yang sudah sepatutnya diberi perhatian yang lebih karena penderitaannya.

Jadi,manusia sebagai makhluk yang memiliki pikiran dan perasaan,sangat erat kaitannya dengan cinta kasih.Manusia tidak dapat lepas dari cinta kasih.Karena setiap manusia sangat membutuhkan cinta kasih baik kepada Tuhan,keluarga,teman,dan orang yang dikasihinya.


OLEH : HILMAN TRIANA / 17111822 / 1KA20

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar